Pemilihan Material

Pemilihan material sangat penting dalam suatui proses pengerjaan, pemilihan matrial yang tidak tepat akan menyebabkan kerugian yang cukup besar, setiap material tentunya memiliki sifat-sifat tertentu. dalam memilih material harus memperhatikan beberapa hal diantaranya:
1.Lingkungan
Material yang kita pilih harus memperhatikan kondisi lingkungan dimana material itu akan dipakai, mislnya lingkungannya korosif, maka harus dipilih material yang tahan terhadap korosi.

  2. Aplikasi
Untuk apa material tersebut digunakan, apa sifat yang cocok digunakan jika material tersebut digunakan pada kondisi tertentu. misalnya material tersebut digunakan untuk jembatan rel kereta api, makam harus mampu menahan beban yang cukup berat, mampu menahan pertumbuhan dan propagasi crack, dan dapat dilas (digabung) tanpa kehilangan kekuatan dan ketangguhannya.

3. Suhu
Tidak semua material tahan terhadap suhu tinggi, penggunaan pada suhu yang cukup tinggi dapat menimbulkan kerusakan pada material tersebut, maka untuk menghindarinya harus dilakukan seleksi material. Pada suhu tinggi juga dapat terjadi korosi suhu tinggi yang menyebabkan material akan mengalami kerusakan. dan tentunya tidak dapat digunakan dan menyebabkan kerugian.

itu saja dulu yang saya jelaskan tentang pemilihan material, untuk lebih lengkapnya nanti akan saya jelaskan kembali. terimakasih Slam Metalurgi..!

0 Response to "Pemilihan Material"

Posting Komentar

Powered by Blogger