Pengaruh Adanya Kotoran / Deposit Terhadap Korosi pada Logam


Kotoran yang ada pada logam sering kita abaikan, dibiarkan sekian lama tanpa adanya pembersihan dan perawatan, mungkin orang belum sadar akan timbulnya akibat dari kotoran tersebut yang akan menyebabkan kerugian. Perlunya memberikan gambaran terhadap setiap orang akan akibat dari kotoran tersebut agar mereka sadar bahwa kotoran pada logam yang dibiarkan akan menyebabkan kerugian.
            Adapun kerugian yang bisa ditimbulkan dari adanya kotoran/deposit pada Sebuah logam akan menyebabkan terjadinya korosi, dimana logam tersebut akan berubah baik secara visual maupun sifat mekanisnya menjadi menurun.
Korosi tidak hanya terjadi antara logam yang berbeda, namun korosi juga bisa terjadi pada satu jenis logam, banyak factor yang menyebabkan terjadinya korosi pada satu jenis logam, salah satu diantaranya karena adanya kotoran/ deposit pada logam yang dibiarkan dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan korosi pada bagian yang terdapat kotoran tersebut. Korosi tersebut terjadi karena adanya reaksi yang terjadi pada bagian yang terdapat kotoran/deposit reaksi tersebut dikenal sebagai reaksi Oksidasi. Terjadinya korosi tersebut karena pada bagian yang terdapat kotoran menyebabkan konsentrasi oksigen rendah. Sedangkan pada bagian yang konsentrasi oksigennya tinggi akan menjadi katoda.
Fenomena terjadinya proses korosi tersebut dapat dijelaskan dengan gambar dibawah ini :



 

Dari gambar tersebut dapat dijelaskan adanya kotoran tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan potensial dimana bagian yang terdapat kotoran memiliki potensial lebih rendah daripada bagian lain,  potesnial yang rendah akan menjadi anoda dan potensial yang lebih tinggi akan menjadi katoda sehingga terjadi reaksi oksidasi dan reduksi, reaksi oksidasi atau  korosi akan terjadi pada anoda sedangkan reaksi reduksi terjadi pada katoda. Pada anoda akan melepaskan ion Fe2+ Dan melepaskan dua elektronnya yang akan mengalir melalui logam tersebut ke daerah katoda, electron tersebut akan diambil oleh oksigen (O2) dan membentuk OH yang kemudian akan bereaksi dengan Fe2+ dan menghasilkan Produk korosi yaitu  FeOH yang dikenal sebagai karat ( Rust ).

0 Response to "Pengaruh Adanya Kotoran / Deposit Terhadap Korosi pada Logam"

Posting Komentar

Powered by Blogger