Annealing dan Normalizing


Perlakuan panas adalah proses pemanasan dan pendinginan untuk menghasilkan sifat-sifat yang diinginkan. Prinsip perlakuan panas ini pada dasarnya sangat sederhana, yaitu logam dipanaskan pada temperatur tertentu hingga mencapai temperatur tertentu dan kemudian ditahan pada temperatu tersebut dengan waktu tertentu serta akhirnya didinginkan dengan laju pendinginan tertentu pula.
saya akan menjelaskan sekilas tentang proses Annealing dan Normalizing :
  • Proses anil adalah proses yang dilakukan untuk tujuan melunakkan logam dengan cara memanaskan logam dan menahannya pada temperatur yang sesuai kemudian dilanjutkan dengan proses  pendinginan yang lambat (didalam tungku yang dimatikan atau diatur kecepatannya). Metoda pemanasan dan pendinginan dalam proses perlakuan panas ini tergantung pada perubahan sifat yang dikehendaki serta tergantung pula jenis logam atau paduannya. Disamping itu untuk memahami proses perlakuan panas ini diperlukan pengetahuan mengenai diagram fasa serta diagram TTT dan CCT.
  • Proses normalisasi adalah proses pemanasan pada temperatur austenite yang dilanjutkan dengan pendinginan pada udara terbuka.
 

2 Response to "Annealing dan Normalizing"

  1. Aplikasi says:

    bermanfaat saat UAS tiba 😄

    Unknown says:

    Jelaskan perbedaan anelling,sintering dan normalizing?

Posting Komentar

Powered by Blogger