PENGECORAN


Pengecoran adalah proses pembentukan logam dengan cara mencairkan bahan baku/material , kemudian dituangkan ke dalam rongga cetak yang sesuai dengan produk yang diharapkan dan dibiarkan hingga membeku.
Pengecoran merupakan proses tertua yang dikenal manusia dalam pembuatan benda dari logam, bahkan telah ditemukan benda coran yang diduga berasal dari tahun 2000 S.M ( Sebelum Masehi ). Proses pengecoran meliputi pembuatan cetakan, persiapan dan peleburan logam, penuangan logam cair ke dalam cetakan, pembersihan produk coran dan daur ulang pasir. Proses pengecoran ini adalah proses yang flexible dan berkemampuan tinggi sehingga merupakan proses dasar yang penting dalam pengembangan industri logam.
Macam – macam proses pengecoran :
1. Proses pengecoran dengan cetakan pasir ( sand mold casting )
2. Proses pengecoran dengan cetakan logam ( permanent mold casting )
3. Proses pengecoran presisi ( investment casting )
4. Proses pengecoran sentrifugal ( centrifugal casting )
5. Proses pengecoran kontunuyu ( continious casting )
Proses pengecoran adalah proses pembuatan benda kerja coran dari logam yang di cairkan, kemudian di tuangkan ke dalam cetakan ( dengan tekanan atautanpa tekanan ) sehingga   cair sejauh mungkin mengisi rongga cetakan yang selanjutnya akan mendingin dan membeku.  Setelah membeku diharapkan bentuk benda kerjanya akan sama dengan bentuk rongga cetakan. Teknik pengecoran logam, merupakan salah satu proses manufaktur yang sudah lama dikenal oleh masarakat.

0 Response to "PENGECORAN"

Posting Komentar

Powered by Blogger