KERUSAKAN PADA VELG MOTOR AKIBAT BEBAN IMPAK


KERUSAKAN PADA VELG MOTOR AKIBAT BEBAN IMPAK

I.                   PENDAHULUAN
Dewasa ini perkembangan transportasi di Indonesia semakin meningkat. Hampir semua orang memiliki kendaraan pribadi untuk memudahkan beraktivitas. Maka dari itu pemakaian sepeda motor dari hari ke hari semakin meningkat. Selain ergomis sepeda motor juga memiliki banyak keuntungan, salahsatunya lebih ekonomis dari segi konsumsi bahan bakar. Pertumbuhan pemakaian sepeda motor tidak diikuti dengan fasilitas yang ada seperti jalan. Volume kendaraan yang melewati jalan tersebut tidak sebanding dengan volume kendaraan yang bias di tampung oleh jalan tersebut sehingga menyebabkan jalanan rusak dan tentunya kemacetan. Dengan  Kondisi jalanan yang rusak membuat para pengguna sepeda motor harus lebih berhati-hati. Sering terjadi kerusakan komponen pada sepeda motor yang disebabkan oleh kondisi jalan yang rusak. Salah satunya kerusakan pada velg motor, hal ini disebabkan oleh adanya penerimaan beban impak pada velg motor yang mengakibatkan terjadinya kerusakan pada velg motor sehingga terjadinya deformasi.

II.                ANALISA DAN PEMBAHASAN
Velg atau rim adalah komponen kendaraan bermotor yang berfungsi sebagai penahan atau rumah ban/ tire. Velg motor memiliki komposisi bahan pada table1 di buat dengan menggunakan proses metal forging
Komposisi
Presentase (%)
Al (alumunium)
92,70
Cu (Tembaga)
2,00
Fe (Besi)
0,80
Mg (Magnesium)
1,00
Ni (Nikel)
1,00
Si (Silikon)
0,80
Zn (seng)
0,30
Tabel1. Komposisi velg
      Kasus yang terjadi :
Kerusakan pada velg yang diakibatkan beban impak yang mengakibatkan velg terdeformasi, seperti terlihat pada gambar1




 
 
 Gambar 1. Velg terdeformasi
Kerusakan pada velg bisa diakibatkan oleh beberapa factor yaitu:
·         Kondisi jalan yang rusak.
·         Tekanan angin pada ban kurang.
·         Adanya beban berlebih.
·         Kecapatan kendaraan.



ANALISA
Kerusakan velg ini di akibatkan beberapa factor. Factor terbesar yang sangat mempengaruhi kerusakan ini ialah adanya beban berlebih dan kecepatan kendaraan yang tinggi ketika melwati jalan yang rusak (berlobang) sehingga terjadi baban/gaya impak yang mengakibatkan velg terdeformasi. Dengan melihat komposisi velg yang terdapat pada table1 diatas, merupakan Alumunium paduan maka sifat mekanik velg tersebut keuletan dan ketangguhan tinggi namun kekerasn dan kekuatannya rendah. Karena keuletan dan ketangguhannya tinggi, maka kemampuan velg untuk menyerap energi cukup baik sehingga velg tidak smpai patah.

III.             KESIMPULAN
·         Kerusakan pada velg diakibatkan beban impak
·         Material yang ulet mampu menyerap energy dengan baik























0 Response to "KERUSAKAN PADA VELG MOTOR AKIBAT BEBAN IMPAK"

Posting Komentar

Powered by Blogger