Maraging Steel



       I.            Tinjauan Umum
Salah stu penghambat usaha untuk menghasilkan baja kekuatan tinggi adalah penurunan ketangguhan perpatahan. Karbon merupakan satu elemen yang sangat berpengaruh pada ketangguhan sehingga  pada baja paduan kadar karbon ditekan serendah mungkin , konsisten dengan kekuatan yang memadai. Pengembangan teknologi baja-paduan tinggi telah menghasilkan baja kekuatan tinggi dengan kadar karbon rendah (<0,03%) dengan mengkombinasikan martensit dan pengerasan-aging, yang disebut maraging.  Baja maraging berbasis Fe-Ni yang mengandung Ni antara 18% - 25%, menghasilkan martensit massif dengan pendinginan udara hingga temperature ruang. Pengerasan  tambahan dari martensit dicapai dengan presipitasi dari berbagai macam senyawa intermetalik, khususnya Ni3Mo atau Ni3 (Mo,Ti) dengan tambahan sekitar 5% Mo, 8% Co serta sedikit Ti dan Al; paduan ini mengalami perlakuan panas pelarutan pada 8150C dan penuaan pada 4850C. berbagai elemen substitusi menghasilkan pengerasan penuaan dalam martensit Fe-Ni, antaralain berupa pengeras kuat (Ti, Be) Pengeras sedang (Al, Nb, Mn, Mo, Si, Ta, V) dan lemah (Co, Cu, Zr). Akan tetapi akan terjadi interaksi yang agak kuat antara elemen seperti Co dan Mo, berarti pengerasan yang terjadi apabila kedua elemen ini ditambahkan bersama, jauh lebih besar dibadingkan bila elemen tersebut ditambahkan sendiri-sendiri. Ternyata terbentuk senyawa tipe –A3B apabila kadar Ni atau (Ni+Co) tinggi dan fasa laves A2B terjadi pada kadar lebih rendah.
Baja maraging mempunyai kekuatan luluh sekitar 0,7 GN/m2 dalam kondisi tanpa penuaan. Saat penuaan kekuatan bertambah mencapai 2,0 GN/m2 dan penguatan prsipitasi ditimbulkan oleh mekanisme orowan. Efek penguatan presipitasi primer timbul karena terdapat kombinasi  (Co+Mo), tetapi Ti memegang peran ganda yaitu sebagai pengeras suplemen dan sebagai bahan pemurni untuk mengikat karbon residual. Paduan umumnya memiliki sifat mampu las, ketahanan terhadap penggetasan hydrogen dan korosi-tegangan yang baiktetapi terutama digunakan karena memiliki kombinasi kekuatan dan ketangguhan tinggi (khususnya paduan 18% Ni).


    II.            Aplikasi
·         Dalam olahraga anggar, pisau yang digunakan dalam kompetisi sering dibuat dengan maraging Steel. Pisau maraging dibutuhkan dalam foil dan Epee karena propagasi retak pada baja maraging adalah 10 kali lebih lambat dibandingkan baja karbon, sehingga kerusakan blade kurang dan cedera lebih sedikit. Gagasan bahwa pisau seperti break flat adalah sebuah legenda perkotaan anggar, pengujian telah menunjukkan bahwa pisau-kerusakan pola pada baja karbon dan pisau maraging steel identik. Baja stainless maraging digunakan dalam frame sepeda dan kepala klub golf. Hal ini juga digunakan dalam komponen bedah dan jarum suntik suntik, tetapi tidak cocok untuk pisau bedah karena kurangnya karbon mencegah dari memegang tepi pemotongan yang baik.  produksi Maraging steel, impor dan ekspor oleh negara-negara tertentu, seperti Amerika Serikat, erat dipantau oleh otoritas internasional karena sangat cocok untuk digunakan dalam gas sentrifugal untuk pengayaan uranium, kurangnya maraging steel secara signifikan menghambat proses ini.
·         Maraging 300 adalah besi-nikel baja paduan yang, karena dengan semua baja maraging, menunjukan kekuatan dan kekerasan yang tinggi . Namun, maraging 300 juga memiliki perlawanan ekstrim untuk propagasi retak, bahkan di lingkungan paling ekstrim. Maraging 300 sering digunakan dalam aplikasi di mana ketangguhan patah tinggi diperlukan atau di mana perubahan dimensi harus tetap pada tingkat minimal. Sifat unik dari maraging 300 telah membuatnya menjadi bagian integral dari industri pesawat dan kedirgantaraan. Hal ini sering digunakan dalam casing motor roket dan landing gear untuk pesawat tertentu. Maraging 300 juga efektif dalam desain power shafts  dan sistem pendingin suhu rendah.

0 Response to "Maraging Steel"

Posting Komentar

Powered by Blogger