HSLA (High Strength Low Alloy) STEEL



       I.            Tinjauan Umum
            High strength low alloy (HSLA) adalah jenis baja paduan yang memberikan sifat mekanik yang lebih baik atau resistensi besar terhadap korosi dari baja karbon. Baja HSLA bervariasi dari baja lain bahwa HSLA Steel tidak dibuat untuk memenuhi komposisi kimia tertentu melainkan untuk sifat mekanik khusus. HSLA Steel memiliki kandungan karbon antara 0,05-0,25% untuk mempertahankan sifat mampu bentuk dan mampu las. Elemen paduan lain mencakup hingga 2,0% jumlah mangan dan kecil dari tembaga, nikel, niobium, nitrogen, vanadium, kromium, molibdenum, titanium, kalsium, unsur tanah jarang, atau zirconium, Tembaga, titanium, vanadium, dan niobium ditambahkan untuk tujuan memperkuat. Unsur-unsur ini dimaksudkan untuk mengubah struktur mikro baja karbon, yang biasanya agregat ferit-perlit, untuk menghasilkan dispersi yang sangat halus dari paduan karbida dalam matriks ferit yang hampir murni. Hal ini menghilangkan efek ketangguhan-mengurangi dari fraksi volume pearlitic namun mempertahankan dan meningkatkan kekuatan material tersebut dengan memperbaiki ukuran butir, yang dalam hal kekuatan luluh meningkat sebesar 50% ferit untuk setiap mengurangi separuh dari diameter butir rata-rata. Penguatan presipitasi memainkan peran kecil, juga. Hasil kekuatan mereka bisa di bervariasi antara 250-590 Mpa (36,000-86,000 psi). Karena kekuatan mereka lebih tinggi dan ketangguhan baja HSLA biasanya membutuhkan daya 25 sampai 30% lebih untuk membentuk, dibandingkan dengan baja karbon.
            Tembaga, silikon, nikel, krom, dan fosfor yang ditambahkan untuk meningkatkan ketahanan korosi. Zirkonium, kalsium, dan unsur tanah jarang yang ditambahkan untuk sulfida-inklusi bentuk kontrol yang meningkatkan sifat mampu bentuk. Ini diperlukan karena sebagian besar baja HSLA memiliki sifat sensitif terarah. Sifat mampu bentuk dan kekuatan dampak yang dapat bervariasi secara signifikan ketika diuji longitudinal dan melintang untuk gandum. Bends yang sejajar dengan butir-butir longitudinal kemungkinan terjadi retak di sekitar tepi luar karena pengaruh beban tarik. Ini karakteristik directional substansial berkurang pada baja HSLA yang telah diperlakukan untuk kontrol sulfida bentuk.
            Mereka digunakan dalam mobil, truk, crane, jembatan, roller coaster dan struktur lainnya yang dirancang untuk menangani sejumlah besar stres atau membutuhkan rasio kekuatan-ke-berat badan yang baik. HSLA baja biasanya 20 sampai 30% lebih ringan dari. baja karbon dengan kekuatan yang sama
            Baja HSLA juga lebih tahan terhadap karat dari baja karbon karena kurangnya fasa perlit -lapisan denda ferit (besi hampir murni) dan sementit dalam perlit, HSLA baja biasanya memiliki kepadatan sekitar 7800 kg / m³.
    II.            Aplikasi
·         Baja HSLA pada saat ini banyak banyak digunakan dalam perencanaan konstruksi las, oleh karena itu perlu diketahui ketangguhan yang dimiliki sambungan las pada baja HSLA. Sambungan las menggunakan elektroda E6013. Untuk mengetahui ketangguhan sambungan las baja HSLA dilakukan pengujian impak. Dari pengujian impak tersebut juga dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai kekerasan, kekuatan, perubahan besar butir. Nilai penyerapan energi pada baja HSLA dengan sambungan las lebih rendah dibandingkan dengan baja HSLA tanpa sambungan las. Energi yang dihasilkan lebih besar menyebabkan spesimen menjadi bertambah keuletannya pada temperatur yang rendah, dikarenakan pengaruh proses pemanasan proses pengelasan yang mempengaruhi pembentukan struktur dan besar butir dalam logam sehingga membuat lubang-lubang  halus.
·         Salah satu aplikasi pengembangan baja high strength low alloy (HSLA) adalah material untuk pembuatan pipa. Baja HSLA hasil produksi PT. Krakatau Steel ini akan digunakan dalam pembuatan pipa gas API 5L X-60. Pipa ini rencananya digunakan untuk mengalirkan gas yang mengandung asam. Besar ukuran diameter pipa dapat dipengaruhi oleh regangan yang diberikan pada baja sebagai material pembuatan pipa.

1 Response to "HSLA (High Strength Low Alloy) STEEL"

  1. Unknown says:

    jelek jelek

Posting Komentar

Powered by Blogger