Polimer



Polimer terdapat dialam berasal dari tumbuhan dan hewan dan telah dipakai sejak lama. Contohnya adalah kayu, karet kulit dan sutera dll. Perkembangan material ini sangat pesat karena banyak memiliki keuntungan diantaranya pembuatannya yang mudah, tahan korosi, mudah dibentuk sesuai keinginan. Ringan dan murah. Namun polimer juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya tidak tahan pada temperature tinggi.
Namun sekarang Polimer dapat disintesa dari molekul organic yang kecil, contohnya seperti plastic, karet, fiber adalah polimer sintesis. Polimer sintesis dapat diproduksi dengan murah dan mudah, kadang-kadang sifat yang dimilikinya melebihi yang terdapat dialam.
Dengan perkembangan jaman yang semakin pesat, penggunaan Polimer jenis sintesis ini semakin meningkat, banyak material yang diganti dengan plastic, seperti kayu dan logam saat ini lebih sedikit digunakan karena para perencana cenderung lebih memilih menggunakan Plastik yang lebih banyak memiliki keuntungan.
Tipe-ipe polimer :
1.      Plastik
Plastik adalah bahan yang mempunyai struktur yang kaku bila diberi beban dan dipakai untuk aplikasi umum. Plastic memiliki sifat kaku, getas, dan plastis.
Contoh Plastik : PE, PP, PVC, PS, Epoksi dll
2.      Elastomer
Elastomer adalah bahan yang sangat elastic seperti karet. Elastomer memiliki kemampuan untuk deformasi yang besar secara elastic artinya dapat kembali kebentuk semula. Elastomer adalah hasil dari crosslink yang mempunyai kekuatan untuk memulihkan rantai kebentuk semula.
Pengaruh suhu terhadap Polimer
Polimer berdasarkan sifatnya terhadap suhu dapat dibedakan menjadi 2, yaitu:
1.      Thermoplastik
Polimer melunak dan mencair bila dipanaskan dan membeku atau mengeras bila didinginkan dan polimer ini bisa dipanaskan berkali-kali, contohnya : PE, PVC
2.      Thermosetting
Polimer menjadi keras dan kuat pada waktu pemanasan, dan tidak dapat dilakukan pemanasan ulang. Contohnya : melamin
Ya, segini dulu yang saya terangkan tentang polimer, semoga bermanfaat. Salam SUKSES.

0 Response to "Polimer"

Posting Komentar

Powered by Blogger